sarapan pagi buat anak

Tahukah ibu kalau sarapan pagi ternyata sangat penting bagi tumbuh kembang anak? Sebuah penelitian ilmiah mengatakan bahwa anak yang sarapan pagi memiliki ingatan lebih baik daripada anak yang tidak mengisi perutnya saat pagi. Makan pagi sebelum melakukan aktivitas ternyata memiliki peran besar bagi tubuh anak. Bukan hanya dari gizi yang tercukupi, tetapi ada banyak hal positif yang didapat dari kebiasaan sarapan ini. Berikut 3 Manfaat baik dari sarapan pagi buat anak yang wajib bunda ketahui.

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi anak

Sarapan pagi yang sehat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Untuk mencukupi nutrisi, menu sarapan tidak harus makanan berat dan banyak. Bunda bisa siapkan menu setangkup roti isi selai kacang dan lengkapi dengan segelas susu. Dengan menu sederhana itu saja, si kecil sudah mendapatkan banyak vitamin dan mineral.

Dari roti, tubuh anak sudah mendapatkan protein, lemak, zat besi dan tentu saja karbohidrat. Sedangkan susu memberikan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh anak pada masa pertumbuhan. Bila ingin lebih sehat, bunda bisa mengganti roti tawar biasa dengan roti gandum yang lebih banyak mengandung serat dengan isi sayur, telur, dan keju.

2. Mengajarkan disiplin dengan pola makan teratur

Mengajarkan disiplin pada anak salah satunya bisa dimulai dari membiasakan makan teratur. Makan teratur sebaiknya dibiasakan kepada anak sejak dini dan sampai besar nanti. Idealnya makan sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari. Namun, banyak orangtua yang tidak memberikan anaknya makan bahkan memberi makan saat anak sudah merasa lapar saja.

Padahal dengan membiasakan pola makan teratur dan membiasakan sarapan, artinya anak dan anggota keluarga telah menjalankan hidup sehat dengan pola makan yang baik. Dengan pola makan teratur, anak juga akan terbiasa disiplin waktu. Dia akan terbiasa dengan kapan waktu makan, bermain dan belajar.

3. Sarapan membuat anak lebih aktif dan fokus dalam berpikir

Untuk anak yang sudah sekolah, sarapan sangat membantu menjaga kondisi tubuhnya agar tidak lemas. Selain itu, perut yang sudah terisi makanan membuat pikiran lebih fokus, berkonsentrasi dan tidak terganggu dengan rasa lapar. Anak yang selalu sarapan juga memiliki daya ingat yang baik, sehingga saat belajar anak akan lebih mudah menyerap pelajaran dan menyimpannya di dalam memori.

Anak yang tidak terbiasa sarapan, kemungkinannya adalah saat belajar akan terganggu dengan rasa lapar dan tubuh akan mudah lemas sehingga akan lebih mudah gugup dan kurang konsentrasi. Dan kebanyakan anak-anak yang tidak sarapan, biasanya lebih banyak jajan dan makan cemilan yang pada akhirnya bisa membuat anak obesitas.

Jadi, jangan pernah lewatkan siapkan sarapan karena selain untuk menjaga kesehatan, sarapan pagi buat anak ternyata sangat bermanfaat karena dapat membuat anak semakin cerdas.

Inilah 3 Manfaat Sarapan Pagi buat anak

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *