Inilah Makanan yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Sarapan Pagi Anak

Sarapan yang bergizi tentunya sangat dibutuhkan oleh anak yang sedang menjalani masa pertumbuhan. Dengan memberikan menu sarapan pagi anak yang bergizi, maka anak akan mempunyai energi untuk beraktivitas fisik atau psikis. Prestasi belajarnya pun bisa lebih cemerlang daripada anak yang tidak sarapan dipagi hari.

Kalau Ibu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan anak, maka jangan sekedar memberikan sarapan pada anak seadanya saja yang belum tentu bergizi. Pada artikel ini kami sudah rangkum makanan yang sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi, tetapi ternyata berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus. Apa saja? Simak penjelasannya!

Roti & Selai

Roti tawar yang di oleskan dengan selai strawberry atau cokelat pasti sangat disukai oleh anak-anak karena, rasanya yang manis. Tidak jarang juga menu sarapan anak yang satu ini dijadikan sebagai camilan di kala senggang.

Tetapi, sebaiknya perhatikan baik-baik label gizinya yang terdapat pada kemasannya. Karena pada umumnya selai memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat memaksa tubuh anak agar meningkatkan insulinnya. Kandungan gula yang tinggi pada selai dapat berisiko menyebabkan obesitas pada anak kalau dikonsumsi terus-menerus dan dalam porsi berlebihan.

Nasi Goreng

Sesuai dengan namanya, nasi goreng dibuat dengan cara digoreng. Ditambahkan lagi dengan minyak, bumbu penyedap dan kecap yang terkadang terlalu manis dan kurang baik untuk kesehatan. Bumbu penyedap memiliki kandungan MSG yang efek buruknya bisa memperlambat fungsi pada otak, minyak atau kecap manis yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan lemak jahat yang berisiko terkena obesitas.

Kandungan karbohidrat yang tinggi tanpa disertai dengan kandungan gizi yang lainnya bisa mengakibatkan indeks glikemik tubuh naik dan dapat memompa insulin dalam jumlah yang besar. Alhasil anak akan mengantuk saat sekolah dan tidak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Mie Instan

Seperti yang kita ketahui, mudah dimasak tanpa makan waktu yang lama menjadikannya menu yang satu ini sering disajikan Ibu ketika sarapan. Menurut sebuah studi, mie instan memiliki kandungan monosodium glutamate (MSG), sodium tinggi yang kurang baik untuk fungsi otak, hingga propylene glycol yang juga tidak baik untuk liver dan jantung.

Bahkan sekarang ini banyak sekali mie instan yang juga ditargetkan khusus untuk anak dengan mengklaimnya sehat padahal hal tersebut tidak benar.

Makanan Beku

Berbagai jenis makanan beku seperti nugget, kentang goreng, karage hingga sosis juga sering digoreng Ibu pada pagi hari sebagai menu sarapan anak yang praktis. Padahal makanan siap saji seperti ini sudah tidak diragukan lagi kandungan bahan pengawetnya yang berbahaya. Belum lagi proses memasaknya dengan cara digoreng supaya matang.

Bahkan mengonsumsi makanan yang digoreng bisa memicu radang tenggorokan. Yang baik itu secara langsung atau perlahan karena mengiritasi lapisan mukosa pada tenggorokan.

Nah, itulah makanan yang sebaiknya tidak dijadikan menu sarapan pagi anak. Pastikan Anda para ibu memberikan sarapan yang bergizi dan tentunya yang aman untuk kesehatan anak.

Inilah Makanan yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Sarapan Pagi Anak

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *