Tanda Hamil Muda Satu Bulan yang Perlu Anda Ketahui

Tanda Hamil Muda Satu Bulan yang Perlu Anda Ketahui

Agar bisa mengetahui kehamilan, biasanya perempuan mengetahuinya dengan gejala awal yang dirasakan tubuh. Ada perbedaan yang umum terjadi dan ini dianggap sebagai tanda hamil muda.

Gejala awal ini kemudian dianggap sebagai sebuah acuan hingga selanjutnya akan mengalami terlambat datang bulan. apa saja tanda-tanda yang dapat menunjukkan jika Anda sedang hamil satu bulan? Berikut ini kami sudah rangkum beberapa tanda hamil muda satu bulan yang umum terjadi.

Mudah lelah

Mudah merasa lelah akan selalu dirasakan oleh calon mama yang sedang hamil muda. Perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen ketika hamil dapat mempengaruhi fisik. Maka dari itu, ketika sedang hamil, Anda akan menjadi tidak sekuat biasanya dan akan mudah merasa lelah, walaupun Anda melakukan aktivitas-aktivitas sederhana yang tidak terlalu berat.

Kram perut

Kram perut juga sering dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil muda. Kram perut ini umumnya merupakan kram perut yang ringan saja, dan rasanya juga seperti kram perut pada ketika mengalami menstruasi. Nah, untuk mengatasi kram perut yang terbilang cukup mengganggu, Anda bisa mengompres perut dengan bantal penghangat dan jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

Dada membesar dan menjadi lebih lembut

Dada membesar dan menjadi terasa lebih lembut merupakan salah satu perubahan tubuh yang biasa terjadi pada perempuan yang sedang hamil satu bulan. Tanda hamil satu bulan yang juga bisa rasakan yakni Anda akan mengalami rasa nyeri atau bahkan merasa ngilu pada sekitar area dada atau payudara.

Bentuk tubuh yang berubah

Tanda fisik lainnya yang menjadi penanda Anda sedang hamil muda yakni perubahan postur tubuh yang terlihat lebih berbeda dengan seperti biasanya.

Kalau beberapa minggu setelah Anda berhubungan dengan suami, dan Anda merasakan adanya perubahan, seperti keadaan perut yang lebih membesar, bokong yang menjadi membesar, dan juga bagian dada yang mengalami perubahan, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Bahkan tak jarang kondisi seperti ini membuat para perempuan hamil mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Morning sickness

Morning sickness merupakan suatu istilah di mana seorang perempuan yang sedang hamil muda akan merasakan mual dan muntah-muntah terutama ketika di pagi hari setelah bangun tidur sampai menjelang siang hari.

Perasaan mual serta gejala muntah-muntah seperti ini berbeda pada setiap perempuan yang hamil muda. Sebab pada dasarnya, tidak semua calon mama akan mengalami morning sickness ketika sedang mengandung.

Agar bisa mengatasi rasa mual serta muntah-muntah ketika mengalami morning sickness, Anda bisa mengonsumsi air jahe atau minuman yang hangat lainnya.

Keluar flek darah

Keluar flek darah dari area kewanitaan seringkali disalahartikan sebagai darah haid. Walaupun terbilang mirip, flek darah yang di sebabkan oleh kehamilan mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan flek darah ketika menstruasi.

Pada umumnya, flek darah dari tanda kehamilan itu memiliki warna yang lebih pucat daripada darah haid yang biasa Anda alami. Warna flek darah yang pucat ini dapat muncul akibat dari implantasi embrio ke dalam dinding rahim Anda.

Lebih sering buang air kecil

Lebih sering buang air kecil juga biasanya akan dialami oleh perempuan yang hamil satu bulan. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada bagian kandung kemih akibat dari pertumbuhan janin di rahim. Agar Anda para calon mama tidak dehidrasi, maka sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Minumlah minimal delapan gelas dalam sehari.

Meskipun kondisi seperti ini akan melelahkan karena Anda harus bolak balik ke kamar mandi, perempuan yang hamil tidak boleh menahan rasa ingin buang air kecil supaya tidak terjadi infeksi.

Nah, itulah tanda hamil muda satu bulan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *