Tips Hemat Belanja Online

Kemudahan belanja online saat ini membuat kita seringkali lupa diri. Ditambah ada banyak fasilitas marketplace dan internet banking yang membuat transaksi semakin mudah sekaligus cepat. Tapi awas, keasyikan belanja online bisa membuat Anda tanpa sadar sudah menghabiskan banyak uang. Agar tetap aman, yuk terapkan 7 tips hemat belanja online di bawah ini.

Hemat Belanja

Belanja online memang mudah untuk dilakukan. Fasilitas belanja online membuat kita bisa mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan secara mudah dalam waktu yang singkat. Tapi jangan lupa terapkan 7 tips berikut ini supaya dompet tetap aman.

1.     Membuat Batasan Pengeluaran

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk berhemat adalah membuat batasan pengeluaran. Beri batasan dulu berapa banyak uang yang ingin Anda gunakan untuk belanja. Membagi pendapatan ke dalam beberapa pos-pos pengeluaran adalah langkah berhemat yang paling akurat. Anda bisa belajar lebih jauh mengenai cara mengatur keuangan di Financer.com.

2.     Membandingkan Harga Produk

Jangan langsung asal beli. Jika ingin lebih hemat coba membandingkan harga produk di beberapa toko online terlebih dahulu. Apalagi jika Anda berbelanja di marketplace.

Di sana, ada begitu banyak toko yang mungkin menyediakan produk yang sama. Coba cari dulu referensi minimal dari dua atau tiga toko yang menjual produk yang Anda inginkan lalu bandingkan harganya.

Agar Anda bisa mendapat barang yang diinginkan tanpa menguras isi dompet, sebelum belanja jangan lupa buat daftar barang yang akan dibeli dulu. Anda bisa mencari review dan referensi harga produk di Duniapedia.com untuk mendapatkan rekomendasi barang atau jasa dengan harga terbaik supaya tidak salah beli.

3.     Cari Promo Diskon

Jika ada diskon, maka sayang sekali kalau hanya diabaikan begitu saja. Belilah produk yang ada potongan harga atau diskonnya. Berburu diskon menjadi salah satu ritual penting yang harus dilakukan oleh para penggila belanja.

Ada banyak promo diskon yang bisa Anda temukan di marketplace saat ini. Pastikan untuk belanja produk di saat ada potongan harga terbesar agar lebih hemat.

Jangan lupa untuk rajin memeriksa website yang memberikan kupon promo diskon, seperti Kuponq.com agar Anda bisa mendapatkan penawaran promo dan diskon menarik.

4.     Manfaatkan Flash Sale

Program flash sale di marketplace saat ini menjadi salah satu fitur yang disukai para shopaholic. Anda juga bisa memanfaatkan flash sale agar bisa lebih hemat belanja online. Program flash sale biasanya akan menghadirkan beberapa pilihan barang dan potongan harganya tidak main-main. Bahkan Anda bisa mendapatkan diskon hingga 90% untuk beberapa jenis produk tertentu.

Namun, belanja barang lewat program flash sale harus ada strateginya. Flash sale biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Pilihan barangnya juga selalu berubah, jadi Anda sebaiknya rajin memeriksa fitur flash sale karena siapa tahu barang yang Anda butuhkan sedang didiskon.

5.     Pakai Cashback

Salah satu tips hemat belanja online yang jitu adalah menggunakan cashback. Sekarang ini promo tidak hanya dalam bentuk diskon. Promo dalam bentuk cashback malah bisa lebih menguntungkan bagi Anda. Jika belanja di marketplace coba cari dulu voucher cashback baru gunakan untuk berbelanja di toko-toko yang mendukung pemakaian voucher tersebut.

Anda tetap harus teliti berbelanja saat ada promo cashback agar tidak membuat Anda malah mengeluarkan lebih banyak uang. Jangan lupa tetap cari perbandingan cashback dan pilih yang terbaik. Kuponq.com adalah salah satu website yang memberikan promo cashback dan voucher diskon sesuai dengan kebutuhan Anda.

6.     Beli Produk Bundling

Agar terasa lebih hemat, beli produk bundling. Biasanya toko-toko online di marketplace memberikan penawaran produk yang dijual dalam bentuk paket atau bundling. Tipe produk yang seperti ini justru lebih murah dan tentu lebih menguntungkan bagi Anda.

Cara ini sangat cocok untuk diterapkan saat Anda akan belanja bulanan. Misalnya, daripada beli sabun mandi satuan lebih baik beli bundling yang harganya diskon. Jika dihitung lagi pasti akan jauh lebih hemat dan barangnya juga tetap bisa digunakan. Tapi ingat, beli jenis barang yang memang dibutuhkan jangan membeli produk yang sekiranya tidak akan terpakai.

7.     Sebisa Mungkin Gratis Ongkir

Salah satu faktor yang membuat belanja online jadi boros adalah biaya pengiriman atau ongkir. Sebisa mungkin carilah toko dengan penawaran gratis ongkir. Jika Anda bisa mendapatkan pengiriman secara gratis, maka Anda bisa menyimpan lebih banyak uang.

Selain membandingkan harga, penting juga untuk mencari tahu lokasi toko serta biaya pengiriman. Jika belanja di marketplace, coba luangkan waktu untuk berburu voucher bebas ongkir dulu agar belanja jadi lebih hemat. Jika tak ada gratis ongkir, maka pilih toko yang lokasinya dekat dengan Anda agar biaya kirimnya lebih murah.

Demikian 7 tips hemat belanja online yang dapat Ada terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Anti Boros, Ini 7 Tips Hemat Belanja Online

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *