Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Untuk Menjaga Performanya

Tips Merawat Mesin Mobil Bekas

Tips Merawat Mesin Mobil Bekas

Membeli mobil bekas menjadi salah satu alternatif utama karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Hanya saja mobil bekas perlu dirawat dengan baik mengingat mobil ini sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya sehingga perawatan yang tepat terutama pada bagian mesinnya dapat meningkatkan kinerja mobil agar lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Mesin Mobil Bekas

1. Rutin mengganti oli kendaraan

Semua orang pasti tahu bahwa oli kendaraan termasuk mobil menjadi salah satu hal yang penting sehingga oli mobil juga harus dijaga untuk menjaga agar kondisi mobil agar tetap prima. Oli mobil harus tetap dalam keadaan baik sehingga harus rutin diganti secara berkala.

Apabila oli tidak diganti secara rutin maka kualitasnya akan menurun dan tidak bisa melindungi mesin mobil sehingga akan terjadi gesekan antar mesin yang akan membuat mesin mobil menjadi cepat rusak. Untuk itulah ganti oli secara berkala sesuai berdasarkan jarak tempuh mobil atau kebutuhan mesin mobil.

2. Pastikan cairan radiator selalu penuh

Radiator mobil berfungsi untuk menjaga agar mesin mobil tetap dingin sehingga dapat memberikan kinerja yang maksimal. Mesin mobil akan menjadi cepat panas apabila kekurangan cairan radiator sehingga sebelum menggunakan mobil, pastikan juga cairan radiator penuh atau setidaknya cukup untuk perjalanan anda. Biasanya dalam jangka waktu penggunaan mobil tertentu, cairan radiator harus diganti atau diisi lagi agar bisa bekerja dengan maksimal.

3. Mengganti Timing Belt

Anda pastinya jangan sampai lupa untuk mengganti timing belt secara berkala karena berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi. Biasanya timing belt memiliki umur pemakaian hingga 40.000 km sehingga ada baiknya untuk melakukan tune up secara rutin selama sebulan 1 hingga 2 kali.

4. Bersihkan filter karburasi

Anda pasti pernah mengalami yang namanya mobil tidak bisa hidup atau sulit dihidupkan baik itu pada mobil bekas ataupun mobil baru. Hal ini bisa saja terjadi karena terdapat kotoran pada saringan filter karburasi mobil. Maka pastikanlah untuk rutin memeriksa filter karburasi dan bersihkan dengan menggunakan sikat gigi apabila terdapat kotoran yang menempel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *