Bersantai di Tempat Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Gunung Pancar berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Pancar sering dikunjungi oleh para wisatawan termasuk salah satunya yaitu Pemandian Air Panas Gunung Pancar sebagai salah satu fasilitas yang ada. Salah satu tempat wisata ini menjadi favorit para wisatawan karena memiliki ciri khas tersendiri.

Lokasi dan Rute Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor merupakan alamat Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Tempat wisata ini buka selama 24 jam sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Anda bisa dengan mudah datang ke Gunung Pancar dengan menggunakan Google Maps GPS pada gadget anda yang bisa ditempuh dari Bogor, Bandung, Jakarta.

Apabila dari Jakarta, anda bisa memulainya dari Tol Jagorawi kemudian menuju ke Tol Sentul kemudian ikuti jalannya saja hingga menuju ke jalan Sentul Raya. Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 km maka anda akan menemukan bundaran yang berbentuk setengah kemudian bisa dilanjutkan dengan menuju ke arah kiri. Belok ke arah kanan ke babakan Madang setelah menempuh jarak sekitar 600 m.

Anda juga bisa mengunjungi pemandian air panas dengan menggunakan kendaraan umum yaitu angkutan umum jurusan Jungle Land Sentul City. Setelah tiba, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum seperti ojek. Anda bisa langsung menyuruh ojek mengantarkan hingga ke tempat tujuan.

Para pengunjung akan diminta untuk bayar biaya tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp 5.000 dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 15.000. Tiket masuk kendaraan roda dua yaitu sebesar Rp 2.000, untuk mobil pribadi yaitu sebesar Rp 1.500 dan untuk truk dan bus yaitu sebesar Rp 2.500.

Keindahan Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar merupakan sebuah kawasan hutan lindung yaitu hutan pohon pinus serta beberapa jenis tumbuhan yang lain seperti pohon Jamuju, Puspa, Saninten, Beringin, dan Rasamala serta beberapa jenis satwa yang juga terdapat pada kawasan hutan lindung yaitu berbagai jenis unggas seperti ayam hutan merah, srigunting, kutilang, elang, burung jalak serta beberapa hewan lainnya yaitu jelarang, surili, babi hutan, owa, dan kera.

Di kawasan hutan pinus memiliki pemandangan yang indah dan banyak spot foto menarik bahkan banyak yang memanfaatkannya sebagai spot foto untuk pre-wedding. Para pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk lagi untuk menikmati berabgai lokasi wisata yaitu Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Masih terdapat buaya parkir kendaraan untuk roda dua sebesar Rp 2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 4.000.

Sesampainya di wisata pemandian air panas Gunung Pancar, terdapat dua buah kolam berukuran 8 x 10 m yang dipisah khusus untuk laki-laki dan perempuan yang disekat dengan dinding tembok. Air panas ini berasal dari Gunung Pancar sehingga alami. 2 kolam ini merupakan kolam pemandian terbuka sedangkan terdapat juga kolam tertutup untuk keluarga namun harus mengeluarkan biaya Rp 25.000 jika ingin menggunakannya untuk seorang diri dan jika untuk keluarga Rp 100.000 setiap jamnya.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar mengandung mineral dan kalsium dengan kandungan masing-masing 100.8 dan 70.3 dipadukan dengan air hangat maka akan memberikan manfaat seperti menghilangkan rasa lelah, merilekskan otot-otot serta menghilangkan stress dan menyembuhkan beberapa penyakit seperti linu, asam urat, pegal-pegal, encok, dan rematik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *